10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023

Jawa Tengah memiliki Kabupaten kecil yang terletak berbatasan dengan Kebumen Magelang dan Wonosobo  yang bernama Purworejo.Meski kecil Kabupaten ini memiliki pantai dan deretan perbukitan  yang menjadi destinasi wisata andalan daerah ini dan letak wisatanya yang bisa dibilang  cukup mudah dijumpai.Definisi wisata yang dimiliki Purworejo tidak kalah menarik dari  tempat wisata di kota-kota lain bagi sobat wisata yang penasaran dengan tempat wisata di Purworejo  berikut rekomendasi beberapa tempat wisata yang wajib sobat kunjungi saat ingin berlibur.


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023



Destinasi Wisata Purworejo


1.Hutan Mangrove Pasir Kadilangu


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023




Salah satu destinasi wisata yang layak dipilih saat mengunjungi kawasan hutan mangrove adalah  pantai pasir kadilangu.Obyek wisata yang dibuka sejak Mei 2016 lalu itu terletak di muara sungai  Bogowonto dan termasuk wilayah desa jangkaran Kecamatan Temon Kulonprogo. Beberapa Wahana  memang disediakan pengelola demi memfasilitasi hasrat berfoto para wisatawan sob.

Namanya pun  sengaja dibuat unik seperti jembatan tempo doeloe, Gowa masalalu dan jembatan cinta. Disana juga ada  perahu wisata yang disediakan pengelola Wisata Mangrove pantai pasir kadilangu. Perjalanan naik  perahu memakan waktu sekitar lima menit sob kendati disingkat sobat wisata tetap dapat  memanfaatkannya dengan berbagai cara sobat bisa sekedar duduk dan Menikmati keindahan  hutan mangrove atau bisa kembali mencari obyek dan sudut terbaik untuk mengambil foto.Simak juga Wisata Magelang Terbaru 2023


2.Geger Menjangan


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023





Geger Menjangan merupakan salah satu Bukit favorit di Purworejo provinsi Jawa Tengah ,terletak diatas ketinggian 1750 meter diatas permukaan laut di kawasan pegunungan Menoreh.Tak heran jika panorama dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik utama bukit ini.Nama Geger Menjangan sendiri berasal dari kata Geger yang berarti punggung dan Menjangan  yang berarti kijang maka arti nama dari Geger Menjangan adalah punggung Kijang.

Kawasan Bukit  Geger Menjangan memiliki luas 12,75 hektar yang terlihat seperti punggung Kijang dari  kejauhan bukit ini bisa jadi pilihan destinasi wisata bagi sobat yang suka traking atau mungkin  ingin mencoba sensasi mendaki. Untuk menuju ke lokasi sobat wisata harus menaiki ratusan anak  tangga dan Jalan Setapak dengan Medan yang menanjak. Setibanya di bukit Geger Menjangan  sobat akan diperlihatkan pada pemandangan alam yang memanjakan mata.

Deretan gazebo-gazebo dijadikan sebagai gardu pandang untuk menikmati panorama landscape Kota Purworejo dari ketinggian.

3.Goa Seplawan


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023





Berkunjung ke Kabupaten Purworejo tak lengkap rasanya jika belum singgah obyek wisata Goa seplawan.Gowa dengan gugusan stalaktit ini berada di desa donorejo Kecamatan  Kaligesing masuk kawasan pegunungan Menoreh.Nuansa alam terasa kental saat sobat wisata  mulai menginjakkan kaki di kawasan Goa seplawan.

Gugusan pohon besar pun dengan  udara yang sejuk makin menambah eksotisme Goa seplawan.Sementara untuk masuk ke dalam  Goa sobat harus memiliki stamina yang Fit ,Gimana Enggak sejumlah anak tangga  siap Menghadang untuk dilewatinya belum lagi menyusuri kedalaman Goa yang menyimpan  sejuta pesona.

Sembari menuruni puluhan anak tangga tersebut sobat wisata bisa menikmati  indahnya bebatuan alam yang ada di sekitar serta warna-warni bunga yang sengaja ditanam pengelola untuk menambah pesona kawasan wisata Goa seplawan gimana nih sob bikin penasaran kan.Baca juga Wisata Wonosobo Terbaru 2023

4.Pantai Ketawang


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023




Siapa sangka jika sebuah kota kecil seperti Purworejo yang berada di Jawa Tengah mempunyai  kawasan pantai yang begitu bersih rapi dan indah pantai tersebut adalah Pantai Ketawang Purworejo.Sebuah pantai yang berada di pesisir selatan dengan suhu yang cukup tinggi dan panas.Keberadaannya yang menjadi pemecah ombak di wilayah Selatan Jawa membuat Pantai Ketawang  ini menjadi salah satu pantai favorit untuk tujuan wisata.

Hamparan pasir hitamnya yang  halus membuat keindahan tersendiri tercipta di sini.Pasirnya yang luas membuat bibir  pantai ketawang menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan olahraga pantai seperti berjalan sepanjang bibir pantai kejar-kejaran bahkan bisa bermain sepeda disini.Selain itu juga  ada mercusuar dibalik rimbunnya pohon cemera yang menjadi salah satu latar belakang untuk berfoto.


5.Pantai Jatimalang


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023




Pantai Jatimalang atau Pantai Dewaruci sekarang merupakan pantai yang cukup terkenal di Purworejo pantai ini terletak di  desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Seperti kebanyakan pantai  di Pesisir Selatan Jawa Jatimalang mempunyai pasir berwarna hitam yang halus nan eksotis  dan berpadu dengan deburan ombak yang cukup besar.

Sobat bisa bermain air di pantai ini tetapi tidak  diperkenankan untuk berenang ,jika tidak berminat main air karena takut dengan ombak yang besar  jangan khawatir dulu gak jauh dari bibir pantai berjejer kolam renang air tawar.Kolam ini  juga termasuk orang yang unik lantaran terbuat dari terpal-terpal berwarna-warni serta ada di  tepi pantai hingga sembari berenang sobat dapat melihat pantai.

Pantai yang satu ini menaruh  keunggulan serta kelok tersendiri yang tidak sama dibanding dengan pantai-pantai yang lain.Panorama  indah saat Sunset juga jadi suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan saja oleh sobat wisata. Selain itu bagi sobat yang hobi memancing di tempat ini sobat bisa hunting lokasi memancing ,di sepanjang bibir pantai Jatimalang.

Nah gak hanya wisata alam sobat juga bisa wisata sejarah  saat datang ke pantai Jatimalang ,Hal ini karena adanya sebuah masjid yang merupakan petilasan  Pangeran Diponegoro. Nah gimana nih sobat wisata tertarikan untuk singgah kepantai Jatimalang.


6.Hutan Pinus Sikepel


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023





Hutan Pinus Sikepel ini memiliki banyak wahana foto yang asyik dan instagrameble banget.Tempat  ini juga menyediakan aula dan camping ground, selain itu juga tersedia panggung pementasan  yang tentunya dapat sobat gunakan.Nah bagi sobat wisata yang ingin menikah dan ingin  konsep resepsinya outdoor hutan pinus sikepel juga bisa menjadi salah satu tempat yang sesuai  dan sudah disediakan lho paket wedding dari pengurus hutan pinus Sikepel ini .

Selain itu  terdapat juga trek untuk sepeda MTB motocross atau atv bagi yang suka olahraga ekstrim.Tempat ini sangat cocok ataupun untuk yang bingung mencari tempat outbound. Hutan pinus  Sikepel juga menyediakan wahana yang seru loh untuk outbond dan juga tentunya banyak paket  untuk kegiatan yang bisa dilakukan misalnya. Selain itu Sikepel punya makanan khas yang  harus kalian coba yaitu namanya sagon.

Sagon di Sikepel berbeda dari sagon yang biasanya  dihidangkan pada saat lebaran.Sagon dari Sikepel bertekstur empuk dan tergolong makanan  basah walaupun berbeda namun rasanya dan sensasi saat mengunyah sagon ini sangat luar biasa.Baca juga 10 Tempat Wisata Semarang Terbaru

7.Hutan Pinus Kalilo


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023


 

Wisata alam hutan Purworejo ini tergolong wisata baru yakni baru diresmikan sekitar pertengahan  tahun 2017 hingga sekarang menjadi daya tarik pengunjung lokal hingga wisatawan yang datang  dari luar kota. Meskipun tergolong wisata baru jangan tanya jumlah pengunjung ketika hari  libur warga Purworejo dan sekitarnya ramai-ramai berbondong-bondong mengunjungi destinasi wisata  walaupun hanya untuk sekedar bersua foto ataupun menjernihkan pikiran.

Sebab disana banyak banget  spot-spot keren terlebih pesona alam yang dimilikinya begitu eksotis sob,pemandangan seperti itulah yang menyejukkan sejauh mata memandang menjadikan liburan sobat wisata semakin  menyenangkan.Cocok banget sebagai area relaksasi ataupun bersantai.Nah di lokasi wisata juga disediakan Spot foto pohon untuk selfie.

Dari ketinggian sobat bisa menyaksikan secara langsung  pemandangan alam yang sangat indah berupa hamparan kawasan perbukitan yang begitu hijau,karena ditumbuhi hutan pinus Rindang tersusun rapi yang menjulang tinggi lantaran letak lokasi  wisata berada di kawasan perbukitan Purworejo sob udara dihasilkan pun pasti sangat sejuk.

8.Curug Gunung Putri


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023





Objek wisata Air Terjun Curug Gunung Putri di desa cempedak Kecamatan Bruno Kabupaten  Purworejo Jawa Tengah ini layak untuk dijadikan salah satu tujuan wisata akhir pekan objek wisata ini.Tak hanya menawarkan keindahan alam namun juga memiliki Spot yang sangat bagus untuk  bersua foto bagi wisatawan.Curug Gunung Putri adalah obyek wisata air terjun yang berlokasi  di tengah lebatnya hutan pinus.

Rasa lelahmu atas perjalanan menuju air terjun ini dijamin  akan segera terbayar setelah menikmati indahnya alam di Curug Gunung Putri ini.Wisata ini cocok  banget nih buat sobat yang berada di kota dengan banyaknya pekerjaan yang membuat  pikiran jadi penet.

Memang jalanan di sini sudah bisa di kategorikan lumayan dari pada  jalan lain pokoknya kalian gak bakalan nyesel deh kalau kalian udah sampai ke Curug Gunung Putri.

9.Curug Muncar


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023





Lokasi curug Muncar berada di kabupaten Purworejo provinsi Jawa Tengah tepatnya di Dusun Kalibang  desa Kaliwungu Kecamatan Bruno.Untuk sampai menikmati curug muncar sobat harus melakukan  traking pendakian terlebih dahulu.Hal ini dikarenakan curug muncar berada di atas ketinggian  600 meter diatas permukaan laut.

Ketinggian Curug Muncar sekitar 40 meter dan mengalir dengan  sendirian dari atas bukit menuju bebatuan yang berada dibawahnya. Aliran air yang mengalir dari  Curug muncar berasal dari Sungai muncar dimana Sungai muncar merupakan salah satu anak sungai  Rebung atau Sungai bedono.

Disekitar Curug Muncar terdapat tebing yang sangat tinggi dan dihiasi  oleh pepohonan yang masih Rindang dan asri.Air yang dialirkan sungguh sangat indah dan bersih,kita dapat merasakan cipratan kesegaran airnya dari bawah.Tracking yang melelahkan  terbayar dengan kontan ketika melihat keindahan Curug dan pemandangan yang ada disekitarnya.


10.Museum Tosan Aji


10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023





Museum Tosan Aji merupakan museum khusus yang menyajikan satu jenis koleksi yaitu Tosan Aji Atau biasa kita sebut keris Tosan Aji.Merupakan salah satu hasil budaya bangsa  sebagai warisan nenek moyang yang menunjukkan salah satu identitas budaya bangsa kita.Suasana di Museum ternyata didesain sedemikian rupa agar seakan-akan menikmati alam bersejarah  Kota Purworejo.

Alat bahan dan keris yang sudah ada disajikan tepat di ruang  paling depan,sobat dapat pertama kali menikmati dan mengetahui proses pembuatan keris budaya  leluhur bangsa. Seiring perkembangannya museum Tosan Aji tidak hanya menyajikan  koleksi Tosan Aji saja namun juga menampilkan berbagai koleksi benda cagar budaya yang banyak  ditemukan di wilayah Purworejo baik pada masa prasejarah maupun masa klasik.Koleksi cagar budaya menambah daya tarik tersendiri bagi sobat wisatawan disamping pengetahuan yang  diperoleh ternyata tetap juga dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh Kota Purworejo.


Terima kasih telah membaca artikel tentang destinasi wisata purworejo ini ,jika sobat  wisata ada rekomendasi wisata lain atau ingin share pengalaman dari  liburan sobat bisa langsung saja untuk Comment di bawah.

salam jejak wisatawan..

Tidak ada komentar untuk "10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits 2023"